Agar Pemberlakuan PTMT Berhasil, Civitas Akademik MTsN 1 Kota Gelar Rapat

Keputusan pemerintah untuk membuka kembali pemberlakuan pembelajaran sekolah/madrasah dengan tatap muka walaupun terbatas tahun ini masa pandemi Covid-19 menjadi sebuah tantangan bagi sekolah/madrasah. Olehnya itu Civitas Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo menggelar rapat, Jum’at (10/09/2021) bertempat di aula asrama terpadu MTsN 1 Kota.

Agar Pemberlakuan PTMT Berhasil, Civitas Akademik MTsN 1 Kota Gelar Rapat

Dihadapan para peserta saat memimpin rapat, Kepala MTsN 1 Kota, Karjianto menjelaskan bahwa Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) merupakan hal yang tidak mudah dilakukan terutama di masa pandemi Covid-19 sekarang ini. Untuk itu dalam menjalankan PTMT kepada para siswa di madrasah ini harus menjamin keamanan para siswa dan guru. Kondisi inilah menjadi salah satu tantangan bagi MTsN 1 Kota untuk mencari solusi yang terbaik.

"Dalam melaksanakan PTMT ada beberapa strategi yang perlu disiapkan, mulai dari sosilisasi kepada orang tua dan siswa, koordinasi dengan pihak yang terkait, dan tentunya mempersiapkan sarana prasarana penunjang protokol kesehatan serta mempersiapkan model pembelajaran serta pengaturan jam masuk para siswa. Jika ini sudah selesai kita lakukan dan berjalan dengan baik, yakin dan percaya PTMT juga akan berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Selain itu masih kata Karjianto, adannya pemberlakuan PTMT, madrasah pun harus membentuk tim satgas belajar tatap muka kepada para siswa. Dimana tim ini wajib membuat jadwal siswa yang hadir di sekolah pada waktu dan hari yang ditentukan serta mensinkronkan dengan jadwal pelajaran yang ada. Baik jadwal tatap muka maupun jadwal saat pembelajaran daring.

"Dalam prosesnya kepala sekolah dapat membentuk tim satgas pembelajaran tatap muka serta tim Monev yang tergabung dalam tim UKS serta Penjaminan Mutu Pendidikan Madrasah. Hal ini ini dilakukan agar efektifitas belajar dapat dirasakan oleh siswa," tukasnya.