Civitas Akademik MTsN 1 Kota Peringatan Tahun Baru Islam Secara Sederhana

Sebagai umat Islam, dalam menyambut tahun Baru Islam 1443H/2021M, harus merefleksikan dan mengaktualisasikan nilai nilai yang terkandung dalam perjalanan hijrah nabi secara kontekstual, yakni hijrah dari nilai nilai yang buruk menuju penciptaan nilai yang lebih baik. Hal ini disampaikan Syaifudin Mateka saat menjadi penceramah dalam Peringatan Tahun baru Islam dilingkungan MTsN 1 Kota, Jumat (27/08/2021) kemarin bertempat di masjid MTsN 1 Kota Gorontalo.

Civitas Akademik MTsN 1 Kota Peringatan Tahun Baru Islam Secara Sederhana

"Penanggalan Hijriah yang diawali pada 1 Muharram digagas oleh sahabat nabi yaitu Ali Bin Abu Thalib, sebagai tanda hijrah Nabi Muhammad SAW. Dalam menyambut dan memperingati tahun baru Islam ini, umat Muslim diharapkan memaknainya dengan membuka lembaran baru serta mensyukuri segala nikmat yang telah Allah SWT berikan selama ini," tuturnya.

Kepala MTsN 1 Kota Karjianto dalam sambutannya menyampaikan melalui peringatan tahun baru Islam kali ini mari dijadikan sebagai momentum untuk memperbaiki sikap dan akhlak bagi seluruh siswa yang ada di MTsN 1 Kota menjadi lebih baik lagi dan jadikan moment ini sebagai tonggak menuju insan yang berakhlakul karimah dengan berani berhijrah menjadi lebih baik lagi.

"Melalui peringatan kali ini kita mengajarkan kepada seluruh siswa untuk memaknai pentingnya mengevaluasi diri melalui perjalanan waktu dan berani mengubah diri menuju manusia yang lebih baik dari waktu ke waktu dan diwujudkan melalui tindakan nyata,” tutur karjianto.

Sementara itu Yudin Mohamad selaku takmirul masjid MTsN 1 Kota juga menyampaikan tahun baru Islam 1 Muharram 1443H/2021M ini dijalani dengan situasi yang berbeda. Karena adanya pandemi Covid-19, umat Muslim tidak bisa merayakan seperti di tahun tahun sebelumnya. Meski begitu, pergantian waktu tahun baru Islam kali ini harus tetap disambut dengan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan.

"Kegiatan ini juga diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh siswa. Melalui lantunan ayat ayat suci yang disampaikan semakin mengetuk kesadaran untuk lebih meyakinkan diri agar kesempatan hidup ini dipergunakan sebaik mungkin untuk mencapai keridhaan Allah SWT," kata Yudin yang juga merupakan Qori Nasional ini.