Gladi ANBK Di MTsN 1 Kota Berjalan Lancar

Setelah sukses menyelenggarakan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputet (ANBK) bulan Kemarin, yang mulai dari persiapan, termasuk memastikan ketersediaan dan kelengkapan fasilitas dan melakukan koordinasi dengan seluruh lembaga pendidikan kesetaraan, Senin (13/9/2021) kemarin, Civitas Akademik MTsN 1 Kota menggelar gladi ANBK dengan melibatkan 45 peserta didik yang dipilih secara acak. Pada gladi ANBK ini strategi pelaksanaanya masih tetap memberlakukan 2 sesi dan menggunakan 2 ruangan dengan melibatkan peserta didik, pendidik, dan kepala satuan pendidikan.

Gladi ANBK Di MTsN 1 Kota Berjalan Lancar

Kepada awak Humas, David Buluati selaku panitia pelaksana mengungkapkan, dilaksanakannya simulasi dan gladi ANBK ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah merilis program baru pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) sejak 2019 yaitu Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang akan digelar mulai akhir September 2021 ini.

 “Untuk mendapatkan skor tinggi, peserta didik perlu memahami dua kompetensi mendasar yang diukur sebagai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) berupa literasi membaca dan literasi matematika (Numerasi). Termasuk keterampilan berpikir logis sistematis, bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan. Jadi, peserta didik masih memiliki kesempatan belajar,” ujarnya.

Dengan mengikuti gladi bersih ANBK ini lanjut David mengatakan, para peserta didik dapat mempelajari langsung penggunaan aplikasi, yang nantinya akan digunakan oleh peserta didik saat ujian, begitu juga dengan kendala yang mungkin akan ditemui.

“Pelaksanaan gladi bersih ini selain bertujuan mengenalkan aplikasi yang akan digunakan oleh peserta didik dan langkah langkah penggunaannya dalam mengerjakan soal ANBK yang diberikan seperti apa nantinya para peserta didik juga bisa mengetahui kendala kendala yang terjadi saat berlangsungnya ujian, jadi dapat diantisipasi sebelum pelaksanaan ANBK," jelasnya sembari berharap semoga pelaksanaan ANBK nanti berjalan lancar.