Karjianto: Tes CBT Lebih Efektif Dibanding Ujian Berbasis Kertas

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo Karjianto mengatakan bahwa ujian dengan sistem CBT lebih efektif dibandingkan dengan ujian berbasis kertas. Hal ini diutarakannya usai meninjau pelaksanaan tes masuk penerimaan peserta Didik baru menggunakan CBT (Computer Based Test), Senin, (14/6/21) kemarin di ruang Laboratorium komputer.

Karjianto: Tes CBT Lebih Efektif Dibanding Ujian Berbasis Kertas
Kepala MTsN 1 Kota Gorontalo Karjianto saat meninjau pelaksanaan Ujian tes penerimaan peserta didik baru di ruang Laboratorium Komputer MTsN 1 Kota Gorontalo.

"Ujian dengan sistem CBT, lebih praktis, lebih mudah dan membuat peserta ujian lebih fokus. Tidak ribet dan lebih hemat waktu karena tidak perlu lama lama mengisi lembar jawaban, tidak perlu menghapus kalau ada yang salah." Katanya.

Menurut Karjianto kecanggihan teknologi di semua bidang tidak bisa dihindari termasuk dalam hal tes penerimaan peserta didik baru (PPDB). Computer Based Test atau Tes Berbasis Komputer adalah tes dengan sistem pelaksanaan menggunakan komputer sebagai media untuk melakukan tes. Penyajian dan pemilihan soal CBT dilakukan secara terkomputerisasi sehingga setiap peserta yang mengerjakan tes mendapatkan paket soal yang berbeda beda

“Saat ini madrasah kami telah mengikuti kemajuan dan perkembangan teknologi dan sudah seharusnya sistem ujian yang konvensional beralih ke sistem yang terkomputerisasi.” ujarnya dengan penuh optimis.

Dan masih sejauh ini tambah Kepala MTsN 1 Kota ini mengatakan, dirinya menilai penyelenggaraan ujian CBT ini berjalan dengan baik dan lancar dan tentunya tidak mengalami halangan maupun kendala.

“Alhamdulillah pelaksanaan ujian CBT yang dilaksanakan selama dua hari ini Sabtu dan Senin ini berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

 “Terimkasih atas kerjasama dan kekompakannya sehingga kegiatannya berjalan dengan sukses. Semoga kita selalu dapat bekerjasama dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik,  tandasnya lagi.