Kasubdit Bina GTK MI/MTs Ditjen Pendis Kemenag RI Tinjau Fasilitas di MTsN 1 Kota

Dalam Kunjungan Kerjanya, Kasubdit Bina GTK MI/MTs Ditjen Pendis Kemenag RI, Dr. Ainurrafiq didampingi Kasi Tendik dan Kasi Guru Pendma dari Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo meninjau fasilitas penunjang pembelajaran di madrasah, Jumat (10/09/2021).

Kasubdit Bina GTK MI/MTs Ditjen Pendis Kemenag RI Tinjau Fasilitas di MTsN 1 Kota

Dalam kunjungannya tersebut Dr. Ainurrafuq mempertanyakan pelaksanaan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilakukan MTsN 1 Kota. Ainurrafiq juga menjelaskan bahwa pelaksanaan assesmen kompetensi berdampak pada pemetaan sekaligus peningkatan kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah. Ada beberapa indikator peningkatan kompetensi yang berbasis asesmen, yaitu: peningkatan kompetensi perencanaan, integritas, manajemen tata kelola, penguatan yang berkelanjutan, dan rasional.

Selain itu masih kata Ainurrafiq menjelaskan bahwa pelaksanaan assesmen kompetensi berdampak pada pemetaan sekaligus peningkatan kompetensi guru, kepala, dan pengawas madrasah. Ada beberapa indikator peningkatan kompetensi yang berbasis asesmen, yaitu: peningkatan kompetensi perencanaan, integritas, manajemen tata kelola, penguatan yang berkelanjutan, dan rasional.

Menanggapi apa yang dipertanyakan Kasubdit GTK MI/MTs Ditjen Kemenag RI tersebut, Kepala MTsN 1 Kota, Karjianto mengatakan, pelaksanaan ANBK mulai dari simulasi dan gladi berjalan dengan lancar.

"Saya berharap seluruh guru, kepala, dan pengawas diharapkan bisa menjadi the winner dan the learner, tidak ada yang menjadi the looser,” ujarnya.

Lanjut Karjianto mengatakan, adapun Sarpras yang ditinjau oleh Kasubdit Bina GTK MI/MTs ini adalah Laboratorium Komputer dan Studio Pembelajaran MTsN 1 GOTV. Dan saat meninjau studio MTsN 1 GOTV, Ainurrafiq menyampaikan bahwa pemberdayaan guru menjadi penting dilakukan karena kemajuan kualitas madrasah sangat ditentukan oleh kualitas para guru. Di kesempatan itu juga Ainurrafiq mengapresiasi semangat segenap unsur madrasah yang tetap gigih melaksakan kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 dengan mendirikan sebuah studio pembelajaran yang representative bagi para siswa madrasah.

“Luar biasa, di tengah tengah kita yang sedang terkena musibah, kita tetap belajar seperti biasa. Ini menandakan madrasah tetap hebat, madrasah tetap tangguh termasuk gurunya juga tetap hebat,” kata Kepala MTsN 1 Kota sembari mengutip ungkapan dari Kasubdit Bina GTK MI/MTs Ditjen Pendis Kemenag RI.