MTsN 1 Kota Gelar Rapat Penetapan Kelulusan Kelas IX T.P 2020/2021

Dalam rangka evaluasi internal ditingkat madrasah, MTsN 1 Kota Gorontalo lakukan rapat rutin setiap awal bulan berjalan. Rapat yang digelar, Selasa (02/062021) bertempat di aula terpadu MTsN 1 Kota Gorontalo itu tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni mencuci tangan, menggunakan masker dan mengukur suhu tubuh.

MTsN 1 Kota Gelar Rapat Penetapan Kelulusan Kelas IX T.P 2020/2021
Suasana Civitas Akademik MTsN 1 Kota menggelar Rapat Penetapan Kelulusan Kelas IX T.P 2020/2021

Rapat rutin ini mengangkat tema "Evaluasi Internal Guna Peningkatan Mutu Madrasah". Dimana tema ini bertujuan untuk mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilakukan, mengevaluasi kinerja guru dan staff MTsN 1 Kota Gorontalo serta membahas perencanaan terkait kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya. Selain evaluasi, rapat rutin ini pula membahas tentang penetapan kelulusan kelas IX tahun pelajaran 2020/2021.

Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum, Suharti Odja mengungkapkan ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh siswa  kelas IX untuk meraih predikat Lulus. Adapun kriteria itu diantaranya adalah siswa yang bersangkutan harus tuntas nilai dari kelas VII dan telah mengikuti Ujian Madrasah dan Ujian Praktek.

"Siswa yang dinyatakan Lulus harus memenuhi beberapa kriteria diantaranya adalah harus tuntas nilai darinkelas VII baik dari semester ganjil dan genap. Selain itu pula siswa telah mengikuti ujian madrasah dan ujian praktek serta nilai Sikap yang ada dalam Raport berpredikat B,".uajr Suharti.

"Mengingat untuk Ujian Nasional (UN) tahun ini ditiadakan maka syarat untuk kelulusan siswa adalah Ujian Madrasah. Kemaren kita mengadakan Ujian Madrasah (UM) berbasis online untuk kelas IX yang dilaksanakan dengan dua tahap, alhamdulillah hasilnya seperti apa yang kita inginkan. Memang sebelumnya pada saat melakukan simulasi banyak kendala yang ditemukan seperti keterbatasan siswa dalam masalah Handphone selular, sinyal yang kadang hilang, sampai pada siswa yang lupa kalau hari ini ada ujian Madrasah, dan tugas kita mengingatkanya dengan menghubungi orang tuanya. Ini menjadi bahan evaluasi kami nanti," kata Suharti menambahkan sembari mengatakan bahwa pengumuman kelulusan itu sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2021 dan dipastikan akan dilakukan secara online.