Pelaksanaan Seleksi PPDB MTsN 1 Kota Ditinjau Plt. Kabid PendMa

Pelaksanaan seleksi Penerimaan peserta Didik Baru (PPDB) MTsN 1 Kota Gorontalo yang kini memasuki seleksi tahap kedua yakni Tes Potensi Akademik (TPA) mendapat kunjungan dari Plt. Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid PendMa) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Burhan Dunggio didampingi oleh Kepala Seksi Kurikulum dan Evaluasi, Masjrul Janto Usman pelaksanaan seleksi PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022. Sabtu, (12/06/2021).

Pelaksanaan Seleksi PPDB MTsN 1 Kota Ditinjau Plt. Kabid PendMa
Pelaksanaan PPDB di MTsN 1 Kota dikunjungi Plt. Kabid PendMa Kanwil Kemenag Provinsi Gorontalo.

Pada kesempatan itu Kepala Madrasah, Karjianto yang juga selaku penanggung jawab kegiatan melaporkan bahwa seleksi PPDB ini diikuti oleh 360 calon siswa yamg telah lulus seleksi ditahap I yakni tes baca Al-Qur’an dan wawancara. Dan kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari yakni di mulai dari tanggal 12 bulan Juni hingga 14 Juni.

"Untuk kegiatan seleksi PPDB  MTsN 1 Kota tahun ini dibagi menjadi dua tahap yakni tahap I tes baca Al-Qur’an dan wawancara sedangkan untuk tahap II adalah tes potensi akademik," ungkap Karjianto.

Lanjut Kepala MTsN 1 Kota, Karjianto mengatakan, kegiatan seleksi ini pula tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Sedangkan untuk kegiatan ini menggunakan dua ruangan yakni Ruangan Laboratorium Komputer dan Ruangan Multimedia yang dimana masing masing ruangan ini telah dilengkapi dengan komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet.

"Untuk seleksi tahap kedua ini kami menggunakan dua ruangan yakni ruangan Multimedia dan laboratorium komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet. Untuk pelaksanaan tes TPA ini tak lagi menggunakan kertas akan tetapi calon peserta didik baru langsung mengerjakan soal dengan komputer menggunakan aplikasi CBT (Computer Based Test) yang telah disediakan oleh pihak panitia," ujarnya.

"Mmekanisme pelaksanaan seleksi ini dibagi menjadi tiga sesi dimana sesi pertama dimulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 10. 00 WITA, sesi kedua mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 12.00 WITA dan sesi tiga dimulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 14.00 WITA. Setiap ruangan diisi oleh 30 orang calon siswa baru sehingga jika di asumsikan dengan jumlah peserta yang sebanyak 360 siswa maka panitia menjadwalkan seleksi ini selama dua hari,".pungkasnya lagi.