Tim Robotik MTsN 1 Kota Masuk Top 30 Pada Ajang Robotik Madrasah 2021

Perjuangan tim robotik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo, akhirnya menuai hasil yang cukup membanggakan bagi madrasah. Bagaimana tidak, tim robotik kembali lolos dalam ajang Robotik Madrasah tingkat nasional tahun 2021. Tim Robotik MTsN Kota ini masuk dalam top 30 dari 110 peserta se-Indonesia. Hal itu sesuai pengumuman yang di rilis di laman web http://madrasah.kemenag.go.id/mrc, Rabu (08/09/2021).

Tim Robotik MTsN 1 Kota Masuk Top 30 Pada Ajang Robotik Madrasah 2021

Kepada awak Humas Opyan Nakoda selaku Pembina Robotik di MTsN 1 Kota menjelaskan bahwa kompetisi Robotik Madrasah tahun ini mengambil tema Robot For Global Pandemic yang bertujuan untuk menyelesaikan isu isu penting dunia, yakni pandemi Covid-19 yang melanda selama dua tahun terakhir ini.

“Untuk menjawab hal tersebut, maka kami tim robotik madrasah mencoba membuat dan mendesain robot yang kami namakan Security Robot, yang nantinya akan bertugas membantu tim satpam yang ada di pintu gerbang madrasah mendeteksi tamu yang akan masuk di madrasah dan tidak menggunakan masker sekaligus mengecek suhu tubuh,” ungkapnya.

Lebih lanjut Opyan menyampaikan bahwa tahun ini robot tersebut kami ikutkan dalam ajang kompetisi Robotik Madrasah yang di selenggarakan oleh Direktorat KSKK Kemenag RI. Dan setelah tim Robotik madrasah ini mengirimkan presentasi tentang robot tersebut, dinyatakan lolos dan masuk dalam top 30 dari 110 peserta yang mendaftar. Dan bagi peserta yang dinyatakan lolos, akan kembali berlomba pada tanggal 2 sampai dengan tanggal 3 Oktober mendatang secara online atau virtual.

"Yang dinyatakan lolos dan masuk dalam top 30 ini akan kembali berlomba pada bulan oktober mendatang dan jika lolos dalam tahap kedua ini, naninya akan diikutkan lagi dalam tahap final yang akan dilaksanakan secara tatap muka dan lokasinya di Tangerang, banten," tukasnya