Hasna Rauf: Alhamdulilah, PAT ke-Tiga di MTsN 1 Kota Tidak Mengalami Kendala

Hasna Rauf: Alhamdulilah, PAT ke-Tiga di MTsN 1 Kota Tidak Mengalami Kendala

Kota, (kemenag.go.id) - Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) kelas 7 dan 8 tahun pelajaran 2021/2022 saat ini memasuki hari ketiga. PAT tahun ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi e-learning Kemenag.

Saat ditemui disela sela kegiatannya, Ketua Panitia, Hasna Rauf menjelaskan bahwa setelah pekan kemarin selesai melaksanakan PAT kelas 9 secara online, kini giliran Kelas 7 dan 8 yang melaksanakan PAT secara Online, Kamis (02/06/2022)

Menurut Hasna persiapan yang telah dilakukan panitia dalam melaksanakan PAT online ini, mulai dari pendataan jumlah siswa yang akan mengikuti PAT, penyiapan aplikasi, pembuatan soal oleh masing-masing guru mata pelajaran. Tetap berkomitmen dan berusaha untuk tetap sportivitas, kredibilitas dan akuntabiltas dalam pelaksanaan PAT secara daring, dengan menerapkan tata tertib sebagaimana pelaksanaan PAT tahun tahun sebelumnya.

"Untuk pelaksanaan PAT kali ini mengingat dilaksanakan secara online dan fasilitas komputer di madrasah terbatas maka panitia mewajibkan pesertanya menggunakan android dan bagi mereka yang mempunyai kendala dengan android, panitia menyiapkan komputer diruang laboratorium komputer dan ruangan multimedia,". jJelasnya.

"Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT)  berbasis Android  ini menggunakan aplikasi Computer Based Test (CBT) e-learning MTsN 1 Kota. Metode ini sangat praktis dan efisien karena tidak lagi menggunakan kertas pensil, hasil pemeriksaannyapun cepat dan akurat," sambungnya.

Hasna Rauf menambahkan bahwa ujian PAT ini menjadi salah satu syarat penentuan kenaikan kelas siswa selain dari nilai harian peserta didik. “Ujian PAT ini kita gelar dengan sistem android dan bentuk soalnya multiple choise atau pilihan ganda. Hari kedua ini  pelaksanakan ujian PAT berjalan dengan lancar berkat evaluasi dari hari pertama pelaksanaan ujian PAT oleh panitia,” tambahnya.  (Humas)