MTsN 1 Kota Mendapat Pendampingan Modul Ajar Sambut Penerapan Kurdeka

MTsN 1 Kota Mendapat Pendampingan Modul Ajar Sambut Penerapan Kurdeka

Kota, (kemenag.go.id) - Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka (kurdeka) merupakan bagian terpenting dalam implementasi kurikulum merdeka. Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka menjadi poros utama acuan pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka di sekolah. Layaknya perangkat pembelajaran, Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka juga merupakan komponen yang tidak jauh beda dengan istilah pada kurikulum K13 sebelumnya.

Berangkat dari hal tersebut diatas, tim kurikulum madrasah, melakukan pendampingan terhadap guru di MTsN 1 Kota dengan menghadirkan tim pengawas madrasah dari Kantor Kemenag Kota Gorontalo, Senin (19/09/2022).

Suharti Odja, Selaku Wakil Kepala Madrasah Bagian Kurikulum kepada awak Humas menjelaskan bahwa Modul ajar adalah salah satu bentuk perangkat ajar yang digunakan oleh pendidik untuk melaksanakan pembelajaran dalam upaya mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP). Dalam hal ini modul ajar merupakan penjabaran dari Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik.

“Modul Ajar di Kurikulum Merdeka 2022 merupakan pengganti RPP di Kurikulum 2013. Sehingga keberadaannya sangat penting dalam pembelajaran dalam kurikulum merdeka,” jelasnya.

“Guru MTsN 1 Kota  harus bermodal dua, yaitu Cerdas dan berkompetensi,” tegas Suharti. Hal ini respon atas perubahan yang ada di dunia pendidikan. “Kalau tidak berubah akan ketinggalan,” pungkasnya.(*hms)