Wakamad Kurikulum MTsN 1 Kota Mengikuti Sosialisasi Juknis Penulisan Blangko Ijazah

Wakamad Kurikulum MTsN 1 Kota Mengikuti Sosialisasi Juknis Penulisan Blangko Ijazah

Kota, (kemenag.go.id) - Kementerian Agama Kota Gorontalo melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar sosialisasi Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) Pendidikan Islam (Pendis) Nomor 2047 tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah Tahun pelajaran 2021/2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Para Guru serta Kepala Madrasah se-kota Gorontalo. Jum’at (10/06/2022) bwerlangsung di aula PLHUT Kemenag Kota Gorontalo.

MTsN 1 Kota sendiri diwakili oleh Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Bidang Kurikulum, Suharti Odja serta salah satu tim Kurikulum.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Suharti Odja megungkapkan perlunya sosialisasi ini dilakukan mengingat dalam penulisan ijazah masih banyak sekolah/madrasah yang belum baik dalam penulisan ijazah. "Ini sangat baik karena dapat menambah ilmu mengenai tata cara penulisan ijazah yang benar. Sehingga tidak ada kekeliruan lagi dalam penulisan ijazah baik di RA, MI, MTs maupun MA," ujarnya.

Lebih lanjut Suharti menjelaskan kegiatan seperti ini juga dilakukan guna menyamakan persepsi terhadap keputusan Dirjen Pendis Nomor 2047 Tahun 2022 mengenai Petunjuk Teknis Penulisan Blangko Ijazah Madrasah dan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2021/2022.

Ijazah memang menjadi satu dokumen yang sangat penting bagi peserta didik sebagai bukti mereka telah mengikuti dan menyelesaikan proses pembelajaran di satuan pendidikan. Adanya kesalahan kecil mengenai informasi yang terdapat di dalamnya seperti tanggal lahir atau yang lainnya akan membuat repot di kemudian hari. Walau tentu selalu ada solusi untuk permasalahan  tersebut.

"Ijazah merupakan surat tanda tamat belajar atau kelulusan yang sangat penting bagi peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Olehnya penulisan ijazah harus ditangani oleh orang-orang tertentu yang memiliki skill dan pemahaman tuntas tentang seluk beluk penulisan ijazah," pungkasnya. (Humas)