Sejumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Milik MTsN 1 Kota Mengikuti Uji Survey LBM AN

Usai siswa melakukan Asesmen Nasional (AN), kini giliran para pendidik (guru) dan tenaga kependidikan mengikuti AN dengan mengisi survey lingkungan belajar. Berbeda dengan para siswa, Asesmen Nasional yang diikuti oleh para pendidik dan tenaga kependidikan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo yang di mulai sejak hari Kamis, (07/10/2021) ini diikuti 90 pendidik dan tenaga kependidikan MTsN 1 Kota yang mengisi Survei Lingkungan Belajar.

Sejumlah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Milik MTsN 1 Kota Mengikuti Uji Survey LBM AN

David Buluati Selaku Ketua Panitia penyelenggara menyampaikan para pendidik diberikan fleksibilitas dalam mengisi survei, sehingga survei bisa dikerjakan secara bertahap. "Pada dasarnya untuk mengisi Asesmen Nasional survey lingkungan belajar bisa dari mana saja yang terpenting terhubung dengan jaringan internet.  Jadi dari manapun bisa mengerjakan survei,” imbuhnya.

Lebih Lanjut David menjelaskan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar merupakan tiga instrumen utama dalam penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Sedangkan Survei Lingkungan Belajar dilakukan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

"Nantinya hasil ini akan menjadi cermin kondisi satuan pendidikan sesungguhnya. Oleh karena itu, lanjunya, kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian survei menjadi kunci kualitas informasi yang akan diterima oleh satuan pendidikan yang bersangkutan,” pungkasnya.