Dua Siswa MTsN 1 Kota Kembali Mencatatkan Nama Pada Ajang Kopsi Nasional

Usai berhasil meraih juara harapan III pada Ajang Madrasah Robotics Competition (MRC) 2021 kemarin, tidak membuat kedua siswa, Nazwa S. Halid dan Nabila Z.P Darmawangsa untuk terus mengukir prestasi. Kali ini kedua siswa madrasah tersebut dinyatakan Lolos ketingkat nasional dalam Ajang Kompetisi Penilaian Siswa Indonesia (KoPSI) tingkat SMP/MTs tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud.

Dua Siswa MTsN 1 Kota Kembali Mencatatkan Nama Pada Ajang Kopsi Nasional

Keberhasilan kedua siswa ini dirilis langsung oleh panitia melalui laman website pusatprestasinasional.kemendikbud.go.id dan dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kemdikbud Riset dan Teknologi dengan Nomor 2322/J3/DM.01.03/2021 Tentang penetapan peserta KoPSI Nasional jenjang sekolah menengah pertama 2021.

Ofyan Nakoda selaku Pembina Riset MTsN 1 Kota saat dihubungi oleh awak Humas melalui telepon seluler, Ahad (09/10/2021) membenarkan adanya informasi kedua siswa madrasah peraih juara harapan III para MRC 2021 membenarkan hal tersebut. Dimana kedua siswanya tersebut mengikuti ajang KoPSI tingkat nasional dan dinyatakan lolos. Mudah mudahan ajang ini selain bisa menumbuhkan karakter ilmiah melalui kegiatan kompetisi penelitian peserta didik dalam rangka mewujudkan kemerdekaan berpikir dari para peserta didik, KoPSI juga diharapkan sebagai wadah pengembangan prestasi dan pembentukan kepribadian para peserta didik yang mandiri dan tangguh.

"Benar bahwa kedua siswa binaannya lolos dalam ajang KoPSI yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud. Kedua siswa tersebut ikut dalam cabang ilmu pengetahuan teknik dan rekayasa. Bidang ini adalah tentang rancangan, yaitu pemikiran dan upaya membuat sesuatu untuk kepentingan manusia. Perwujudannya berupa produk teknologi," jelasnya.

Diakhir penjelasannya Ofyan menyampaikan bahwa kedua siswa ini nantinya akan ikut tahap selanjutnya yakni pada tahap presentasi presentasi yang akan dilaksanakan secara virtual. Sedangkan untuk jadwalnya akan diberitahukan kemudian oleh pihak panitia. "Selanjutnya kami akan menunggu pemberitahuan dari pihak panitia terkait jadwal presentasi yang rencananya akan dilaksanakan secara virtual," pungkasnya.