Karjianto Berharap Gerakan Pramuka Turut Andil Sebagai Bentuk Bela Negara Dimasa Pandemi Covid-19

Kegiatan penanggulangan wabah penyakit tersebut merupakan bukti eksistensi bahwa Gerakan Pramuka menjadi bagian penting dalam upaya bela bangsa dan negara kita tercinta, hal tersebut disampaikan Karjianto selaku Kamabigus Gudep 285-286 Pangkalan MTsN 1 Kota Gorontalo saat menjadi pembina upacara Peringatan Hari Pramuka yang ke 60 yang dilaksanakan oleh anggota pramuka MTsN 1 Kota secara virtual.

Karjianto Berharap Gerakan Pramuka Turut Andil Sebagai Bentuk Bela Negara Dimasa Pandemi Covid-19
Foto Kamabigus Gudep 285-286 dan juga Kepala MTsN 1 Kota, Karjianto.

Kamabigus mengatakan tema Hari Pramuka yang menunjukkan kepedulian terhadap penanganan Covid-19 merupakan perwujudan semangat untuk membantu menanggulangi bencana akibat wabah tersebut. "Di era pandemi Covid-19 yang menyebabkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi ini, jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan. Kita harus peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan bersama, kita harus saling membantu dan bergotong royong menyelesaikan masalah bersama," ungkapnya

Karjianto pun menambahkan untuk tema peringatan hari pramuka ke-60 tahun ini adalah Berbakti Tiada Henti. Hal ini tentu mengandung makna bahwa seluruh anggota Gerakan Pramuka selalu siap sedia untuk berbakti sampai kapanpun. "Tentunya tema tersebut merupakan perwujudan dari semangat anggota pramuka ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai pada saat ini masih menjadi permasalahan besar bagi bangsa Indonesia,” tuturnya.

Karjianto berharap walaupun dalam kondisi pandemi seperti ini, pendidikan kepramukaan jangan sampai berhenti atau mati. “Pembina harus terus berinovasi agar peserta didik tetap dapat mendapatkan materi dengan media yang sekarang sudah sangat bervariasi. Misalnya uji SKU secara online, latihan rutin pramuka secara online, dan kegiatan lainnya yang dapat dikemas secara online, live streaming, dan lain sebagainya,” pungkas Kepala MTsN 1 Kota itu.