Tersedianya Data Pegawai yang Akuntabel, Arsip Kepegawaian MTsN 1 Kota di Tata Rapi.

Arsiparis adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan kearsipan pada instansi pemerintah, tidak termasuk kegiatan mengurus, memberkaskan dan mengelola arsip arsip aktif. Hal ini membuat salah satu Staf Tata Usaha MTsN 1 Kota Gorontalo bidang Arsiparis mulai mengatur file dengan rapi

Tersedianya Data Pegawai yang Akuntabel, Arsip Kepegawaian MTsN 1 Kota di Tata Rapi.
Foto salah satu JF Arsiparis MTsN 1 Kota Merlyn Djou.

Saat ditemui oleh awak Humas, Merlyn Djou salah satu JF Arsiparis MTsN 1 Kota menjelaskan bahwa salah satu tugas Arsiparis adalah mengembangkan sistem kearsipan yang tepat sesuai dengan corak, warna, bentuk dan sistem administrasi yang dikembangkan pada suatu instansi.

"Selain melaksanakan tugas kearsipan, Arsiparis pun harus memahami suatu sistem administrasi secara baik dan memiliki kemampuan untuk mengembangkan suatu sistem kearsipan dan mengolah informasi arsip untuk berbagai kepentingan dalam rangka pelayanan administrasi, praktisi, keilmuan," jelasnya.

Menurut perempuan yang sering di sapa Mey ini menambahkan. Arsiparis juga bertugas dalam meregistrasikan arsip yang masuk untuk kemudian disimpan. Akan ada ruangan dan tempat spesifik untuk menyimpan arsip arsip ini. Bukan sekedar letakan, diurutkan pun juga harus, Arsiparis akan melakukannya upaya arsip yang ada  agar tersimpan dengan baik.

"Yang namanya arsip dalam suatu instansi atau lembaga pastinya akan bertambah terus seiring bertambahnya waktu. Tentu tidak masalah, malahan arsip arsip dari data data yang ada ini harus diolah dengan baik. Siapa yang melakukannya tentu saja adalah Arsiparis. Karena Arsiparis sebenarnya adalah profesi yang sangat penting, baik di kalangan pemerintah, instansi, maupun perusahaan. Dan tentunya bagi siapa saja yang ingin menjadi arsiparis harus mengikuti pendidikan formal atau kepelatihan terlebih dahulu," pungkasnya