9 siswa MTsN 1 Kota Ikuti KSN Tingkat Kota Gorontalo

Ajang KSN yang dilaksanakan secara online yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo mewakilkan 9 siswanya mengikuti Kompetisi Sains Nasional tingkat Kota Gorontalo dalam bidang lomba KSN tingkat SMP/MTs sebanyak 3 bidang studi yakni Bidang Studi IPA, IPS dan Matematika. MtsN 1 Kota, Selasa (14/09/2021) kemarin.

9 siswa MTsN 1 Kota Ikuti KSN Tingkat Kota Gorontalo

Findi zakaria selaku Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan mengatakan, MTsN 1 Kota adalah satu satunya madrasah yang ada di tengah Kota Gorontalo yang mengirim utusan para siswa terbaik madrasah dalam kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN) dengan perwakilan disetiap bidang studi yang setiap bidang studi yang dilombakan diwakili oleh 3 orang siswa.

"Ajang KSN tahun ini, MTsN 1 Kota mengirim 9 orang siswa, dimana kesembilan siswa ini dibagi menjadi 3 yang nantinya mengikuti 3 bidang studi yakni IPA, IPS dan Matematika. Dan Alhamdulillah MTsN 1 Kota adalah madrasah yang satu satunya mengutus perwakilan mengikuti ajang KSN Tingkat Kota," ujarnya.

Findi menambahkan bahwa untuk pelaksanaan KSN tahun ini walaupun dilaksanakan secara daring, madrasah langsung mendatangkan siswa yang mengikuti event ini untuk datang langsung di madrasah. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelancaran siswa yang mengikuti ajang ini dalam menjawab soal soal nanti.

"Karena lombanya dilaksanakan secara daring maka kami menginstruksikan kepada siswa untuk mengikuti event secara daring di madrasah. Sementara terkait sarana prasarana yang ada di madrasah Alhamdulillah sudah lebi dari cukup dan juga memadai begitu juga dengan jaringan internetnya," ujarnya.

Findi menambahkan bahwa hari ini adalah hari pertama pelaksanaan KSN, dimana untuk hari pertama ini bidang studi yang dilombakan adalah IPA dan IPS yang dimulai sejak pagi tadi hingga siang hari. Dan besok  Rabu tanggal 15 September 2021 dilanjutkan dengan bidang studi Matematika.

"Saya berharap ke sembilan siswa yang mewakili MTsN 1 Kota ini bisa lolos sampai pada tingkat Propinsi bahkan sampai pada tingakt Nasional nanti mewakili Kota Gorontalo yang dihelat pada bulan Oktober nanti sementara untuk tingkat Nasional dijadwalkan pada bulan November mendatang," pungkasnya.