Sejumlah Warga MTsN 1 Kota Shalat Ghaib Bersama Masyarakat Sekitar

Shalat ghaib adalah pengganti shalat jenazah yang dilakukan kepada seorang muslim yang meninggal. Selasa (14/9/2021) kemarin bertempat di masjid Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo, sejumlah warga madrasah yang meliputi guru dan pegawai bersama warga yang berada disekitar masjid madrasah melakukan shalat Ghaib usai melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah. Hal ini dilakukan untuk mendoakan musibah yang menimpa keluarga besar dari MTsN 1 Kota, dimana salah satu Warga Madrasah yang bekerja sebagai penjual makanan di salah satu kantin madrasah telah meninggal dunia.

Sejumlah Warga MTsN 1 Kota Shalat Ghaib Bersama Masyarakat Sekitar

Yudin Mohamad selaku Takmirul Mesjid MTsN 1 Kota mengungkapkan sebagai umat muslim mestinya selalu mendoakan saudara yang tertimpa musibah agar amal kebaikan mereka diterima disisi Allah SWT dan kepada keluarga yang ditinggalkan tetap kuat dan tabah atas musibah yang menimpa mereka.

"Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kita dan sudah menjadi kewajiban kita mendoakan para saudara kita yang tengah dilanda duka. Tidak hanya sebatas ini saja, harapan kita kedepan shalat Ghaib mesti kita laksanakan jika terdapat saudara kita yang tengah dirundung musibah atau sedang berduka cita," katanya.

"Besar harapan kiranya dengan shalat Ghaib ini dapat menanamkan rasa persaudaraan sesama kaum muslim. Mari sama sama kita senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar kota yang kita cintai ini dan negara yang kita banggakan ini dijauhkan dari segala macam dan jenis bencana alam, amiin ya rabbal alamin," tambah Yudin lagi.