Selain Tinjau Vaksinasi di Madrasah, Kakanwil Sempatkan Diri Melihat Langsung Kebolehan Robot Hasil Karya Siswa MTsN 1 Kota

Dalam rangka meninjau pelaksanaan vaksinasi di MTsN 1 Kota, Selasa (14/09/2021) kemarin, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Gorontalo, Syafrudin Baderung menyempatkan diri untuk melihat langsung kebolehan robot securiti hasil karya dari siswa MTsN 1 Kota Gorontalo.

Selain Tinjau Vaksinasi di Madrasah, Kakanwil Sempatkan Diri Melihat Langsung Kebolehan Robot Hasil Karya Siswa MTsN 1 Kota

Karjianto saat mendapingi Kakanwil menyampaikan bahwa ini adalah robot hasil karya dari siswa MTsN 1 Kota yang tergabung dalam tim riset MTsN 1 Kota. Robot hasil karya siswa ini dinamai dengan Security Robot yang nantinya akan bertugas membantu satpam madrasah dalam penerapan protokol kesehatan di madrasah ini.

"Robot ini di persiapkan dalam ajang Robotik madrasah tahun 2021 tingkat nasional yang saat ini telah lolos pada 30 besar dan berhak maju di babak final nanti. Dalam kompetisi Robotik Madrasah tahun ini bertemakan ‘Robot For Global Pandemic’ yang bertujuan untuk ikut menyelesaikan, memecahkan isu penting dunia terkait pandemi Covid-19," ujarnya.

Sementara itu Opyan Nakoda dihadapan Kakanwil menyampaikan bahwa tahun ini robot tersebut kami ikutkan dalam ajang kompetisi Robotik Madrasah yang di selenggarakan oleh Direktorat KSKK Kemenag RI. Dan setelah tim Robotik madrasah ini mengirimkan presentasi tentang robot tersebut, dinyatakan lolos dan masuk dalam top 30 dari 110 peserta yang mendaftar. Dan bagi peserta yang dinyatakan lolos, akan kembali berlomba pada tanggal 2 sampai dengan tanggal 3 Oktober mendatang secara online atau virtual.

"Yang dinyatakan lolos dan masuk dalam top 30 ini akan kembali berlomba pada bulan oktober mendatang dan jika lolos dalam tahap kedua ini, naninya akan diikutkan lagi dalam tahap final yang akan dilaksanakan secara tatap muka dan lokasinya di Tangerang, banten," tukasnya.