Civitas Akdemik MTsN 1 Kota Silaturahmi di Kediaman Kepala Madrasah

Bulan Muharram merupakan bulan yang spesial bagi umat Islam. Bulan ini dirayakan sebagai pergantian tahun bagi para muslim. Tak hanya itu, di hari ke-10 Bulan Muharram, umat Islam merayakan Hari Asyura. Di hari ke-10 ini, umat Islam mempunyai tuntunan untuk menjalankan puasa sunnah. Namun, Hari Asyura juga diperingati dengan cara lain khususnya wilayah Batudaa khusunya warga Desa Dembe I di pinggiran Danau Limboto, Kota Gorontalo, dengan mencicipi kue khas Gorontalo yakni Apem atau yang sering disebut Apang colo.

Civitas Akdemik MTsN 1 Kota Silaturahmi di Kediaman Kepala Madrasah

Dan mengingat kediaman orang nomor satu di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo berlokasi di wilayah Batudaa (Dembe) I, keluarga besar MTsN 1 Kota, mulai dari guru hingga petugas kebersihan melakukan silaturrahim, Rabu, (18/08/2021) kemarin.

Kepada awak Humas madrasah, Karjianto, mengucapkan terima kasih tak terhingga atas kedatangan jajaran madrasah di kediamanya. Sungguh ini merupakan satu kebahagiaan tersendiri bagi keluarga dan masyarakat yang ada di Dembe I.

"Perayaan ini dengan menyediakan kue Apem atau yang sering disebut Apang colo setiap tahun digelar bertepatan Hari Asyura, yaitu 10 Muharram. Kue khas oleh warga Dembe, Kecamatan Kota Barata berupa kue Apangi yaitu kue yang terbuat dari adonan tepung beras dan santan. Kue apangi disantap dengan cara dicocol atau dicampurkan dengan larutan/cairan gula merah yang kental," ujar Karjianto..

"Seiring bergulirnya waktu, sajian kue Apangi pada perayaan 10 Muharram tidak hanya ditujukan untuk diantar ke masjid saja. Para warga saling berbagi satu dengan lainnya. Hal itu terus berkembang, hingga saat ini sampai dijadikan sebuah festival," pungkasnya.