Operator RDM MTsN 1 Kota Mulai Upload Nilai Belajar Siswa ke Server Pusat

Operator RDM MTsN 1 Kota Mulai Upload Nilai Belajar Siswa ke Server Pusat

Kota, (kemenag.go.id) - Pelaksanaan Penilaiaan Akhir Semester (PAS) semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 telah berakhir. Peserta didik tinggal menunggu hasil ujian dan hasil belajar mereka selama satu semester dalam bentuk raport dan saat ini Operator Raport Digital Madrasah (RDM) MTsN 1 Kota Gorontalo melakukan Upload Data ke server Pusat Kamis (07/4/2022).

Julia Rahmawaty salah satu Operator RDM MTsN 1 Kota mengatakan Raport Digital Madrasah merupakan prodak digital yang di resmikan oleh Kementerian Agama pada tahun 2021 kemarin. Untuk itu dengan adanya aplikasi RDM seperti ini diharapkan dapat mendukung program Madrasah Digital di Kementerian Agama, agar dapat memberikan layanan yang cepat, tepat dan akurat kepada seluruh warga madrasah.

“Selain sebagai aplikasi mencetak rapor, RDM juga berfungsi sebagai bank nilai siswa madrasah. Seluruh data nilai siswa madrasah tersimpan di server pusat dan dapat digunakan sewaktu-waktu kapan dan dimana saja ketika data tersebut dibutuhkan,” ujarnya.

Julia pun menambahkan, sudah menjadi tugas dan tanggungjawab dari seorang admin atau proktor madrasah dalam penggunaan RDM ini agar bisa benar-benar berjalan dengan lancar oleh semua guru mata pelajaran dalam menginput nilai raportnya, sehingga pembagian raport siswa berjalan sesuai dengan yang telah ditentukan.

“Tugas operator madrasah adalah personal yang diberi tugas untuk menginput data madrasah dan mengirimnya secara online ke server pusat. Tugas Operator di sini tentu juga untuk membantu tugas-tugas kepala sekolah. Dalam perkembangannya operator tidak hanya menangani aplikasi RDM, tetapi mereka juga harus mengerjakan aplikasi online dan berbagai macam pendataan yang lain,” tandasnya. (humas)