Refleksikan Pemikiran Pendiri Bangsa, Rombongan PIR Van Java Kunjungi Makam Proklamator

Refleksikan Pemikiran Pendiri Bangsa, Rombongan PIR Van Java Kunjungi Makam Proklamator

Kota, (kemenag.go.id) – Manfaatkan momen Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekan RI yang ke 77, Rombongan Organisasi Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) MTsN 1 Kota Gorontalo yang tergabung dalam peserta Perkemahan Ilmiah Remaja (PIR) Lakukan Tour Van Java dengan menziarahi makam Proklamotor Bung Karno di Blitar, Selasa (27/08/2022) kemarin.

Ovenly Silangen selaku Koordinator Rombongan sekaligus Pembina KIR, mengatakan bahwa tujuan ziarah ke salah satu makam proklamator Indonesia adalah menggerakkan motivasi mengenai masa depan kita dan juga sejarah kita. Bagi Venly pendidikan karakter generasi muda dapat dicapai salah satunya melalui pemahaman sejarah yang baik.

"Ayah Bung Karno adalah seorang guru. Lahirnya negara kita ini karena anak seorang guru. Artinya, guru punya arti penting dalam mendidik dan membentuk karakter anak yang menjadi penerus bangsa," ungkapnya.

"Jadi anak-anak kita harus bisa memahami dan merefleksikan kembali pemikiran tokoh-tokoh bangsa sehingga mereka tidak lupa dengan identitasnya sebagai generasi yang akan melanjutkan pembangunan nasional," sambungnya.

Venly menambahkan, para pelajar diharapkan bisa menyerap keteladanan dari para tokoh yang diziarahi makamnya. Pemikiran dan kiprah para tokoh besar itu telah memberi bukti besarnya rasa kebangsaan tanpa mempertentangkan antara menjadi agamis dan menjadi nasionalis.

"Untuk itu sepanjang perjalanan kami mempersiapkan bahan bacaan dan dialog kebangsaan. Melalui inilah kami tumbuhkan gotong-royong melalui aktivitas bersama. Kita tanamkan kebangsaan ini sesuai pendekatan anak muda, kemasanya traveling tapi isinya tentang kebangsaan," ujarnya.

"Rasa kebangsaan ini relevan ditanamkan dalam situasi apapun dan tidak hanya saat ada berada didalam kelas atau saat upacara bendera saja ditempat seperti ini juga wajib kita tanamkan kepada para generasi bangsa ini," tandasnya. (hms)