Karjianto Berikan Apresiasinya Kepada Para Guru yang Lolos PPG Daljab

Karjianto Berikan Apresiasinya Kepada Para Guru yang Lolos PPG Daljab

Kota, (kemenag.go.id) - Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam hari ini mengumumkan hasil Seleksi Akademik Pendikan Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan (Daljab) bagi Guru Madrasah Tahun 2022.

Dari puluhan ribu yang dinyatakan Lolos dalam seleksi PPG Dalam Jabatan (Daljab) guru pada tahun 2022, dari 9 orang guru MTsN 1 Kota yang dinyatakan Lolos verifikasi hanya 6 orang dan dinyatakan lulus. Seleksi akademik ini dilaksanakan selama lima hari, mulai dari tanggal 20 sampai dengan 24 Agustus 2022 dengan total ada 56.041 peserta yang merupakan guru Mapel Agama dan Mapel Umum perwakilan dari guru madrasah se-Indonesia dari semua jenjang.

Saat diwawancarai awak Humas, Kepala MTsN 1 Kota Karjianto berharap guru madrasah yang akan mengikuti program pendidikan berbasis keprofesian ini melek teknologi informasi dan menguasai akses digital berbasis aplikasi online. Misalnya, menguasai akses Simpatika secara mandiri tanpa bantuan dari admin madrasah dan mengenal sistem perkuliahan PPG berbasis LMS (Learning Management System). "Metode pembelajaran PPG Daljab dilakukan dalam tiga metode, yaitu Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring),Tatap Muka (Lokakarya),dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)," terangnya.

"Oleh karena itu diharapkan dengan kualitas dan profesionalisme guru yang baik, akan terbentuk pendidikan yang bermutu serta menghasilkan gererasi yang mampu bersaing di era global," sambung Kepala MTsN 1 Kota Gorontalo itu.

Menurut Karjianto Guru harus memenuhi standar kualifikasi yang dipersyaratkan dan memahami benar apa yang harus dilakukan, baik ketika di dalam kelas maupun di luar kelas. “Jadi selain tugas mengajar sebagai tugas pokok seorang guru, ada juga beberapa persoalan atau tugas prinsip yang semua guru harus tahu dan menguasainya sebagai bagian dari tugas seorang guru yang profesional,” pungkasnya.(hms)