MTsN 1 Kota Terima Kunjungan Tim Monev Kanwil Terkait Penerapan eRKAM pada Madrasah Negeri

Civitas Akademik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Gorontalo menerima kunjungan dari tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi melalui Seksi Pendidikan Madrasah terkait dengan penerapan elektronik Rencan Kerja Anggaran Madrasah (eRKAM) di madrasah negri yang ada dikota Gorontalo yamg dipusatkan di MTsN 1 Kota Gorontalo.

MTsN 1 Kota Terima Kunjungan Tim Monev Kanwil Terkait Penerapan eRKAM pada Madrasah Negeri

Tim yang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag, Mahmud Bobihu ini langsung melakukan monitoring penerapan eRKAM pada tiga madrasah negeri yang ada di Kota Gorontalo diantaranya MTsN 1 Kota, MIN 1 Kota dan MAN 1 Kota bertempat di Laboratorium Komputer MTsN 1 Kota dan dihadiri oleh Ketiga Kepala madrasah dan operator erkam itu sendiri serta bendahara BOS madrasah.

Dalam kesempatan tersebut Zahra Maladjim selaku koordinator eRKAM Provinsi Gorontalo menjelaskan bahwa tujuan kegiatan monitoring adalah memonitor langsung sudah sejauh mana penerapan eRKAM khususnya di madrasah negeri. Pada dasarnya penerapan eRKAM di madrasah negeri tentu harus sesuai dengan Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) yang sudah include dalam aplikasi RKAKL khsusus dana BOS. "Olehnya kami dari Kanwil terjun langsung untuk melihat sudah sejauh mana penerapannya dan sudah sesuai atau tidak dengan prosedur yang di syaratkan dalam aplikasi eRKAM terkait pencairan dana BOS," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kaur Tata Usaha MTsN 1 Kota, Abdul Hakim Daud bahwa sejak keberadaannya di MTsN 1 Kota yang baru beberapa bulan ini tentu belum sempat lebih jauh mengevaluasi penerapan eRKAM pada madrasah. Namun dengan adanya monev ini pula patut disyukuri bahwa dirinya dapat mengetahui banyak tentang eRKAM dan cara kerjanya.

"karena aplikasi ini berbasis elektronik sehingga monitoringnya pun berbasis online dan yang mempunyai akses langsung pada aplikasi ini adalah Kepala Madrasah dan Bendahara BOS. Olehnnya saya pun masih belum tahu banyak cara kerjanya. Namun dengan adanya Monev ini saya sudah paham dan alhamdulillah untuk eRKAM di MTsN 1 Kota sendiri sudah sesuai dan tentu hal ini perlu saya apresiasi terutama kinerja dari operator eRKAM itu sendiri,". pungkasnya